PROFIL

Foto saya
Tasikmalaya, Jawa barat, Indonesia
Visi : Menjadikan Arsip dan Perpustakaan Sebagai Pusat Informasi

Senin, 21 Februari 2011

e-DDC 22 Versi Bahasa Indonesia Sangat Membantu Pustakawan

Kalo saja saya punya otoritas, maka akan saya nobatkan Saudara Rotmianto Mohamad menjadi Pustakawan Teladan. Bagaimana tidak dengan hasil karya e-DDC akan sangat membantu pustakawan di seluruh Indonesia dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-harinya.

Berikut Profil Rotmianto Mohamad yang saya copy paste dari blok resminya,  http://www.e-ddc.org

Rotmianto Mohamad

Mengenai Saya

Arek Soerabaija Asli. Saat ini bekerja sebagai Librarian rendahan di sebuah kota kecil di kaki Gunung Lawu Jawa Timur Indonesia. Bercita-cita menjadi orang berguna, tak masalah meski tidak menjadi orang penting. Hasrat terbesar adalah terus menjadi petualang, selama nafas masih di kandung badan. Dan Freeware e-DDC adalah karya pertama yang saya publish. Semoga bukan karya yang terakhir...
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Berikut pengantar tentang kehadiran e-DDC 22 versi Bahasa Indonesia ini :
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Alhamdulillah, itulah kata pertama yang sekiranya wajib saya ucapkan setelah akhirnya "berhasil" merilis e-DDC Edition 22 (yang merupakan versi upgrade dari e-DDC yang sudah rilis sebelumnya. Sesuai yang saya janjikan (setidaknya janji kepada diri sendiri dan kepada Tuhan), e-DDC Edition 22 saya rilis pada awal Desember 2010, tepatnya tanggal 2 Desember pukul 02.20 PM WIB (serba "dua" nih... :-P). Pendek kata, semoga e-DDC Edition 22 yang sederhana ini turut memberi warna bagi kemajuan perpustakaan di indonesia.

Sebagaimana diketahui, e-DDC atau kependekan dari "electronic-Dewey Decimal Classification" adalah sebuah freeware yang berfungsi untuk membantu tugas pustakawan dan/atau petugas perpustakaan dalam menentukan nomor klasifikasi koleksi dengan lebih cepat dan mudah dari pada menggunakan DDC versi cetak. Freeware ini saya buat menggunakan HTML Compiler sehingga ringan dan compatible dengan (hampir) semua OS/operating systems, baik Windows maupun Linux* (namun belum pernah dicoba pada Mac OS). Disamping itu, juga dapat digunakan bersama-sama dalam satu komputer dengan sistem informasi untuk perpustakaan (atau biasa disebut "automasi/otomasi perpustakaan") yang sudah banyak beredar seperti Senayan/SLiMS, Athenaeum Light, LASer, LinsPro, dan sebagainya. Dan e-DDC Edition 22 ini adalah penyempurnaan dari e-DDC versi sebelumnya yang masih berdasarkan DDC (cetak) Edisi 21. Terdapat beberapa penyempurnaan dalam e-DDC Edition 22 dari versi sebelumnya, yaitu:

  1. Notasi 297 Agama Islam untuk e-DDC Edition 22 sudah "100 %" berdasarkan DDC (cetak) Edisi 22 (dengan catatan notasi 2x0 tetap disertakan untuk mengakomodasi pihak-pihak yang masih menggunakannya).
  2. Penyempurnaan notasi-notasi lainnya sesuai DDC (cetak) Edisi 22, seperti notasi 200 - 209 yang pada e-DDC versi sebelumnya tidak ada.
  3. Penambahan content Thesaurus yang memuat daftar kata-kata yang digunakan di e-DDC Edition 22 untuk menghindarkan kesalahan pengejaan.
  4. Dan lain-lain silakan download sendiri... hehehe... (Link yang digunakan e-DDC Edition 22 masih sama dengan link terdahulu).

Nah, demikianlah... Semoga bermanfaat. NB: kalau memang bermanfaat tolong disebarkan pula ke para praktisi perpustakaan lainnya, namun apabila tidak bermanfaat atau ada kekurangan maupun kesalahan dalam e-DDC Edition 22 tolong sampaikan ke saya... Okay everybody... See you, hope you'll be success and God bless you...
Link:
1. e-DDC.zip: http://www.4shared.com/file/mzHMy3AY/e-DDC.html
2. e-DDC.rar: http://www.4shared.com/file/Rn0PwO7b/e-DDC.html

*Note: untuk tips menginstal e-DDC di OS Linux silakan kunjungi link berikut ini:

1.http://jogjalib.net/blog/2010/11/membaca-e-ddc-pada-sistem-operasi-ubuntu-10-04-dan-10-10/
2. http://buitenzorg812.blogspot.com/2010/05/e-ddc.html

2 komentar:

Rotmianto mengatakan...

Assalamualaikum Pak/Bu admin situs ini... Pertama2 perkenankan saya mengucapkan terima kasih sebesar2nya atas atensi Bapak/Ibu terhadap e-DDC saya yg sederhana tsb. Saya juga berterima kasih e-DDC panjenengan turut menyebarknnya. Namun, e-DDC hanyalah tool sederhana yg masih perlu banyak perbaikan, jadi belum kayaknya kalau sampai mendapatkan penghargaan segala...:)... Demikian, sekali lagi terima kasih & upaya kita semua dalam memajukan perpustakaan di Indonesia dapat menjadi amal di sisi Allah SWT.
Wwassalam.
Hormat saya,
Rotmianto

yustihudadiana mengatakan...

terimakasih saya terbantu sekali ...

Poskan Komentar