PROFIL

Foto saya
Tasikmalaya, Jawa barat, Indonesia
Visi : Menjadikan Arsip dan Perpustakaan Sebagai Pusat Informasi

Rabu, 03 Maret 2010

Lokasi Perpustakaan Daerah Kota Tasikmalaya tidak Strategis

Keberadaan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat lokasinya dinilai tidak srategis untuk dapat didatangi warga masyarakat.
 
Drs. Dadang Samsul Huda, M.Si.

"Perpustakaan disini itu sudah cukup memadai, tapi lokasinya tidak strategis, sehingga saya rasa masyarakat malas untuk datang ke sini," kata Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Tasikmalata, Dadang Samsul Huda, Senin.

Kantor Perpusda berada di jalan Ir Juanda diantara komplek perkantoran dinas cukup jauh dari pusat keramaian kota Tasikmalaya, dan jauh dari pinggir jalan raya.
 
Lokasi Perpustakaan Kota Tasikmalaya saat ini

Selain itu kata Dadang jalan Ir Juanda tidak terlalu banyak dilewati angkutan umum, sehingga masyarakat yang ingin berkunjung ke perpustakaan daerah terkadang malas.

"Idealnya perpustakaan daerah itu ada di pusat kota yang mudah diakses masyarakat," katanya.

Ia berharap keberadaan perpustakaan daerah berada di sekitar masjid Agung atau berdekatan dengan banyaknya aktifitas masyarakat di pusat kota Tasikmalaya. Kami mengharapkan bila nanti ada penyerahan aset dari pemerintah Kabupaten Tasikmalaya ke Pemerintah Kota Tasikmalaya, kami harapkan gedung DPRD Kabupaten Tasikmalaya dijadikan sebagai Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Tasikmalaya, karena gedung ini sangat strategis dan luas gedung dan ruang rapat sangat cocok untuk dijadikan ruang koleksi dan ruang baca perpustakaan.

 
Lokasi yang dianggap strategis berada di sekitar Masjid Agung Kota Tasikmalaya

Kata Dadang harapan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan pengunjung perpustakaan dan minat baca terhadap masyarakat Tasikmalaya di kalangan pedagang atau karyawan yang ingin membaca untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan dari manfaat membaca.

"Kalau lokasinya jauh dari pusat kota, bagaimana meningkatkan minat baca, karena selama ini yang kebanyakan hanya dari kalangan pelajar," katanya.

Sementara itu kata Dadang pengunjung perpustakaaan terhitung hingga November 2009 berkisar antara 50 hingga 60 orang setiap hari dari berbagai kalangan pelajar tingkat menengah, mahasiswa dan umum.

Ia menerangkan koleksi buku diperpustakaan daerah kota Tasikmalaya tergolong komplit berjumlah 30 ribu eksemplar buku dengan dari 10 ribu judul buku diantaranya tentang pengetahuan umum dan keagamaan.

"Buku yang ada disini itu sudah kumplit, kalau perpustakaan berada di tempat strategis maka dari kalangan pedagang dan masyarakat biasa diharapkan berkunjung," katanya.***3***

Sumber : Antara Jawa Barat News.
Feri Purnama

0 komentar:

Poskan Komentar