PROFIL

Foto Saya
Tasikmalaya, Jawa barat, Indonesia
Visi : Menjadikan Arsip dan Perpustakaan Sebagai Pusat Informasi

Selasa, 09 Maret 2010

Pengurus Pusat Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Periode 2009 - 2012


Jakarta,
Kongres Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) ke XI yang diselenggarakan di Batam pada tanggal 19 - 22 Oktober 2009, telah memilih Drs. H. Supriyanto, M.Si sebagai Ketua Umum menggantikan Ketua umum Periode lalu Daddy P. Rachmananta, MLIS. Selanjutnya pada hari Kamis, 11 Februari 2010 bertempat di Aula Perpusnas RI - Jalan Medan Merdeka Selatan No.11 Jakarta Pusat, Ketua umum Pengurus Pusat Ikatan Pustakawan Indonesia Periode Tahun 2009 - 2012 melantik personalia kepengurusan PP-IPI.

Supriyanto yang juga mewakili Plt Kepala Perpusnas Liliek Soelistyowati menyatakan bahwa salah satu indikasi dari bangsa yang cerdas adalah semaraknya perpustakaan, bukan hanya gedung yang megah atau koleksinya yang lengkap, tapi bagaimana perpustakaan itu dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh masyarakat melalui layanan yang diberikan.Perpustakaan di era globalisasi tidak lagi di ukur dari banyaknya koleksi, tapi lebih pada akses atau kemudahan mendapatkan informasi tanpa dibatasi oleh ruang, jarak dan waktu. Perpustakaan mempunyai fungsi dan peran yang strategis sebagai sentra layanan informasi masyarakat dan penyangga dunia pendidikan di sekitarnya serta sumber belajar sepanjang hayat bagi masyarakat. Luasnya geografis Indonesia dan terbatasnya jangkauan pembinaan perpustakaan terutama di luar Pulau Jawa, yang dihuni sebagian besar masyarakat Indonesia, mengakibatkan pembinaan perpustakaan belum merata.

Tantangan bagi IPI sebagai wadah profesi pustakawan untuk berperan aktif dalam masyarakat seperti yang diamanatkan dalam UU No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan saat ini cukup kompleks. Pengurus IPI sekarang ini sudah saatnya harus bangkit, kalo tidak mau tergusur. IPI harus berjuang untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas serta profesionalisme pustakawan Indonesia.
Mencermati hal tersebut, IPI yang telah berusia 37 tahun, dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam program-programnya, sehingga kiprah pustakawan dapat dirasakan perannya oleh masyarakat. Di tingkat nasional, aspirasi daerah dalam semangat otonomi, menjadi peluang untuk bermitra dengan pemerintah daerah dan organisasi profesi lainnya.
Di tingkat regional, IPI menjadi anggota aktif dalam CONSAL (Congress of Southeast Asia Librarians) dan di tingkat internasional, IPI juga menjadi anggota aktif IFLA (International Federation of Library Organization and Institution). “Untuk itu, yang perlu dilakukan IPI saat ini adalah memperkuat posisi dan eksistensinya dalam masyarakat, “ lanjutnya.

Daftar nama Pengurus Pusat Ikatan Pustakawan Indonesia (PP-IPI) Periode 2009-2012 adalah sebagai berikut:

Dewan Pembina: Kepala Perpustakaan Nasional, H. Hernandono MLS, MA., Prof. Dr. Sulistyo Basuki, Dra. AA. Kalangi Pandey, WW. Sayangbati Dengah, Drs. Paul Permadi.

Ketua Umum : Drs. H. Supriyanto, M.Si
Wakil Ketua : DR. H. Zulfikar Zen, MA
Ketua I : H.T. Syamsul Bahri, SH.,M.Si
Ketua II : Dr. Ujang Tholib, MA
Ketua III : Dra. Hj. Harkrisyati Kamil
Sekretaris Jenderal : Drs. H. Bambang Supriyo Utomo, M.Lib
Sekretaris : Markus Tendean, S.Sos
Bendahara : Johartien Ramona, SIP
Wakil Bendahara : Ir. Djati Wahyuni, MM

Komisi Organisasi & Keanggotaan :
Drs. H. Widiyanto, MSi., Sujono Harjosaputro, SIP., Drs. Ahmad Fauzi Asran, Dra. Hj. Budhiati, MM.

Komisi Penerbitan dan Publikasi:
Kosam Rimbarawa, MLS., Dra. Utami B Haryadi, M.Lib.,M.Si, Drs. Agus Sutoyo, MSi., Dra. Lies Suliestyowati, MSi.

Komisi Pengembangan Pendidikan, Pelatihan dan Sertifikasi:
Dra. Hj. Woro Titi Haryanti, MA., Dra. Hj. Luki Wijayanti, MSi., Dra. Titiek Kismiyati, MHum., Drs. H. Ahmad Masykuri, MM.


Komisi Usaha Dana :
Hj. Siti Mardiyah, S.Sos.,MSi., Dra. Winda FM Habimono, Drs. H. Sudirwan Hamid, MH., Robinson Rusdi, SH.,MH.

Komisi Pengabdian Masyarakat dan Pembudayaan Kegemaran Membaca: Drs. Deni Kurniadi, M.Hum., M. Ihsanudin, M.Hum., Drs. Arifin Hidayat, MM., Dra. Fuad Munir, MSi.

Komisi Pengembangan Citra:
Drs. Fuad Gani, MA., Dra. Arifah Sismita, M.Si., Dra. Lucy Dhamayanti, M.Hum., Dra. Harmaini HNS.

Sekretariat:
Dra. Nani Suryani, Afrison S

Sumber : pnri.go.id
oleh: rudianto, 17 Februari 2010

0 komentar:

Poskan Komentar